Cara Merawat Kulit Tubuh Tidak Kering Saat Berpuasa

Cara Merawat Kulit Tubuh Tidak Kering Saat BerpuasaSaat berpuasa kulit menjadi kering itu sebenarnya sangat lumrah atau wajar adanya. Hal tersebut terjadi karena memang saat berpuasa cairan tubuh tergolong kurang. Sehingga akibatnya kulit menjadi mudah kering. Dan bahkan beberapa orang juga bisa mengalami kulit menjadi kusam ataupun pecah-pecah
Cara Merawat Kulit Tubuh Tidak Kering Saat Berpuasa
Cara Merawat Kulit Tubuh Tidak Kering Saat Berpuasa
Meskipun begitu, Anda juga masih bisa merawat kulit tubuh agar tidak kering saat berpuasa. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan memperbanyak asupan cairan tubuh. untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal tersebut, silahkan simak sajian informasi berikut ini.

Cara Merawat Kulit Tubuh Tidak Kering Saat Berpuasa

1. Konsumsi banyak cairan
Jika penyebab kulit tubuh menjadi kering saat berpuasa terjadi karena kurang cairan, maka dari itu Anda harus memperbanyak konsumsi cairan saat berpuasa. Cairan terbaik untuk menjaga kelembaban kulit tubuh adalah air putih. pastikan Anda mengonsumsi air putih sebanyak mungkin saat berpuasa.

2. Gunakan lotion pelembab
Cara merawat kulit kering saat berpuasa selanjutnya adalah dengan selalu menggunakan lotion. Lotion pelembab kulit akan membantu merawat kulit Anda agar tidak kering. Gunakan lotion setiap pagi dan menjelang tidur. Karena saat-saat itulah kulit memerlukan kelembaban yang jauh lebih tinggi dari waktu-waktu lain.

3. Rutin berolahraga
Inilah yang merupakan cara efektif untuk selalu menjaga kelembaban kulit saat berpuasa. Walaupun olahraga sangat sulit dilakukan saat puasa, akan tetapi cobalah untuk sebisa mungkin mengeluarkan keringat. karena dari keringat inilah kulit akan selalu terjaga kelembabannya secara alami. Anda bisa berjalan-jalan saat pagi hari setelah sahur, ataupun senam saat sore hari menjelang berbuka.

4. Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur merupakan makanan yang banyak mengandung sumber nutrisi. Mulai dari vitamin, mineral, antioksidan. Semua itu terdapat di dalam buah dan sayur. Kandungan-kandungan inilah yang sangat baik untuk menjaga kulit Anda tetap lembab dan tidak mudah kering. Pastikan setiap sahur ataupun berbuka Anda mengonsumsi buah dan sayur tersebut.

5. Jangan tidur setelah sahur
Kebanyakan kaum muslimin setelah sahur mereka langsung tidur. Tahukah Anda sebenarnya kebiasaan tersebut dapat membuat kulit menjadi kering? Bahkan beberapa peneliti juga menyebutkan kebiasaan tersebut dapat merusak beberapa organ pencernaan. oleh sebab itu, biasakan mulai sekarang setelah sahur Anda tidak tidur. Anda bisa menggantinya dengan melakukan senam pagi ataupun jalan-jalan mengelilingi kompleks rumah.

6. Hindari konsumsi es
Es memang sangat menyegarkan sekali di bulan puasa, terutama saat berbuka. Akan tetapi sebenarnya es ini dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Hal ini terjadi karena es dapat mencuri kelembaban yang terdapat pada bagian kulit. boleh-boleh saja mengonsumsi es saat berbuka, tetapi usahakan tidak terlalu banyak konsumsi es tersebut.