Cara Alami Merawat Kulit Kepala yang Sensitif

Banyak orang yang tidak memperhatikan perawatan kulit kepala, mereka lebih banyak melakukan perawatan kulit wajah dari pada melakukan perawatan kulit kepala, hal ini akan membuat berbagai macam masalah kulit kepala menjadi muncul, mulai dari borok, kutu kepala hingga masalah rambut. Sehingga walaupun wajahnya terlihat cantik, akan tetapi jika kepalanya terlihat buruk akan membuat penampilan menjadi buruk pula.
Cara Alami Merawat Kulit Kepala yang Sensitif
Kulit Kepala yang Sensitif
Ada banyak sekali perawatan kulit kepala yang bisa kita lakukan, seperti perawatan kulit kepala melalui salon, menggunakan produk kosmetika dan masih banyak lagi, akan tetapi jika Anda termasuk ke dalam seseorang yang memiliki kulit kepala sensitif, maka jangan sekali-kali mencoba perawatan-perawatan kulit kepala semacam itu, karena untuk merawat kulit kepala sensitif sangatlah lebih berhati-hati dan intensif dari pada kulit kepala pada biasanya. Berikut ada beberapa tips merawat kulit kepala secara alami aman dan tanpa efek samping.

Cara alami merawat kulit kepala yang sensitif

1. Merawat dengan lidah buaya

- Pertama siapkan satu lembar lidah buaya yang masih segar (baru dipetik/diambil), pecahkan lidah buaya tersebut dan ambil gel yang berada di dalamnya.
- Sebelum menggunakan gel tersebut, bersihkan area kepala terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat dicampur dengan shampo. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel pada kulit kepala tidak menghambat proses penyerapan kandungan lidah buaya.
- Jika sudah bersih, maka mulailah mengoleskan lidah buaya tersebut secara merata ke area kulit kepala, beri pijatan lembut selama 5 menit dan diamkan selama kurang lebih sekitar 30 menit atau hingga mengering sempurna.
- Terakhir bilas lidah buaya tersebut dengan menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih.

2. Merawat dengan lemon

- Pertama-tama siapkan terlebih dahulu 1 buah lemon yang masih segar, kemudian belah lemon tersebut menjadi dua bagian dan masing-masing bagian Anda peras kedalam sebuah wadah.
- Sebelum menggunakan perasan air lemon tersebut, bersihkan terlebih dahulu area kulit kepala dengan menggunakan air hangat ataupun shampo, hal ini bertujuan agar sisa minyak rambut ataupun kotoran tidak menghambat proses penyerapan perasan air lemon tersebut.
- Setelah bersih, maka mulailah mengoleskan air perasan lemon tersebut secara merata ke area kulit kepala, beri pijatan selama 5 menit dan diamkan hingga 30 menit agar meresap secara optimal.
- Terakhir gunakan air hangat untuk membilas bersih air perasan lemon tersebut dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih.

Itulah beberapa cara merawat kulit kepala yang sensitif, akan tetapi jika Anda melakukan perawatan kulit kepala secara alami diatas, tidak diperkenankan untuk mengenakan shampo setelah melakukan perawatan, karena hal tersebut akan membuat area kulit kepala menjadi rusak, bahkan mengakibatkan munculnya masalah kesehatan.