Cara Mencegah Radiasi pada Kulit Wajah

Radiasi sangatlah tidak baik bagi kesehatan manusia, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, radiasi dapat menyebabkan kerusakan yang terjadi pada bagian kulit, seperti munculnya kulit kusam, jerawat dan bahkan bisa menyebabkan tumor atau kanker. Oleh sebab itu mengingat bahayanya radiasi, kita sebagai manusia harus bisa menjaga kulit wajah dari efek buruk radiasi.
Cara Mencegah Radiasi pada Kulit Wajah
Cara Mencegah Radiasi pada Kulit Wajah
Ada banyak sekali radiasi-radiasi buruk yang dapat menyebabkan kerusakan, radiasi tersebut tergolong dalam dua hal yakni radiasi alami dan radiasi buatan manusia, radiasi alami seperti sinar UVA/B, sedangkan untuk radiasi buatan ada banyak sekali, mulai dari radiasi sinar X, radiasi sinar gama dan masih banyak lagi.

Akan tetapi Anda tidak perlu takut dengan radiasi-radiasi sinar tersebut, kareba masih ada ­cara-cara pencegahan radiasi pada kulit wajah yang bisa untuk Anda lakukan, seperti berikut ini.

Cara mencegah radiasi pada kulit wajah

1. Gunakan sunblock
Cara mencegah radiasi kulit wajah yang pertama adalah dengan menggunakan sunblock, kandungan zat pelindung yang terdapat dari sunblock akan sangat efektif untuk melindungi kulit wajah dari radiasi buruk sinar matahari¸oleh sebab itu apabila Anda hendak keluar rumah terutama pada siang hari, lebih baik gunakan sunblock atau tabir surya. Akan tetapi apabila Anda menggunakan sunblock lebih baik pilihlah yang paling tepat, karena jika tidak cocok akan menyebabkan kulit Anda menjadi rusak atau iritasi.

2. Konsumsi makanan bernutrisi
Banyak orang yang tidak menyadari mengenai makanan yang dikonsumsi, mereka tidak banyak menghiraukan makanan-makanan tersebut, padahal menurut penelitian, makanan akan sangat menentukan kualitas dari kesehatan manusia, terutama untuk kulaitas dan kesehatan kulit. maka dari itu jika ingin kulit sehat dan terbebas dari radiasi buruk seperti sinar matahari, konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi atau gizi, seperti kacang-kacangan, ikan, sayur dan buah-buahan yang masih segar, dengan begitu kulit akan membentuk sebuah pelindung pada bagian permukaan kulit.

3. Hindari terpapar sinar matahari dalam waktu lama
Terpapar sinar matahari pagi memang sangatlah penting, karena dapat mencukupi kebutuhan vitamin D pada tubuh, akan tetapi jika kita terpapar sinar matahari kala siang hari akan sangat tidak baik bagi kulit. terutama dalam rentan waktu mulai jam 11 hingga jam 2 siang, hal ini terjadi karena sinar matahari siang akan membuat kulit terkena radiasi UVA dan UVB, maka dari itu jika ingin mencegah kulit dari radiasi bebas, usahakan untuk tidak terpapar sinar matahari selama lebih dari 30 menit.

Itulah beberapa cara mencegah radiasi kulit wajah dengan mudah, jika Anda sedang menjalani pengobatan menggunakan radiasi, seperti pengobatan radiasi untuk tumor jinak, tumor ganas ataupun kanker, maka Anda harus lebih berhati-hati, karena biasanya radiasi tersebut akan membuat tekstur kulit menjadi rusak, namun untuk menghindari hal tersebut Anda dapat berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.