5 Bagian Kulit yang sering terjadi Kapalan

Kapalan merupakan gangguan kesehatan kulit dimana telah terbentuk sebuah jaringan parut yang sangat keras, kapalan dapat muncul dikarenakan bagian kulit tersebut terlalu banyak mendapatkan gesekan. Munculkan kapalan sendiri berbeda-beda sertiap orang, tergantung dari jenis pekerjaan yang tengah dilakukan.
5 Bagian Kulit yang sering terjadi Kapalan
5 Bagian Kulit yang sering terjadi Kapalan
Kapalan bukan merupakan penyakit kronis, karena pada dasarnya kapalan bisa hilang dengan sendirinya tanpa kita lakukan perawatan kulit ataupun pengobatan, akan tetapi walaupun begitu, kapalan dapat membuat kita menjadi kurang percaya diri, terlebih jika kapalan tersebut berada di telapak tangan, maka akan membuat kita takut untuk berjabat tangan.

Nah daerah kulit mana saja yang sering terkena kapalan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai kapalan tersebut, semua itu sudah saya rangkum dalam 5 bagian kulit yang sering mengalami kapalan.

5 Bagian kulit yang sering terjadi kapalan

1. Bagian tangan
Bagian kulit yang sering mengalami kapalan yang pertama adalah terletak pada bagian kulit tangan, bagian inilah yang paling sering mengalami kapalan, terlebih jika pekerjaan Anda sangat berat, seperti menjadi pakerja kasaran. Bagian telapak tangan yang sering muncul kapalan terletak pada persimpangan antara jari dengan telapak tangan, hal tersebut terjadi karena talapak tangan sering kita gunakan untuk memegang benda, mengenggam dan masih banyak lagi.

2. Bagian kulit kaki
Jika Anda sering jalan sehat ataupun jalanan-jalan (tanpa kendaraan), pastinya Anda tidak asing lagi dengan kapalan pada bagian kaki ini, terlebih jika Anda jalan-jalan ataupun jogging tanpa menggunakan sepatu, maka akan sangat mudah sekali jaringan parut tebal terbentuk pada permukaan kaki. Bagian kaki yang sering muncul kapalan terletak pada bawah jempol, kaki bangian belakang, mata kaki dan masih banyak lagi. selain itu bagi Anda umat muslim (yang rajin sholat), pastinya Anda akan mengalami kapalan yang terletak pada bagian punggung kaki, hal ini memang sangat wajar terjadi karena kita sering melakukan ibadah sholat.

3. Bagian kulit dengkul
Dengkul memang memiliki karakteristik kulit yang lentur dan fleksibel, akan tetapi jika kulit yang terdapat pada dengkul tersebut sering terkena gesekan, ataupun sering kita gunakan untuk berlutut, maka kapalan juga bisa muncul pada area kulit tersebut. kapalan yang terbentuk pada area dengkul berbeda-beda, tergantung dari seringnya terkena gesekan, jika dengkul tersebut sangat sering terkena gesekan, maka kapalan akan memiliki ukuran yang relatif lebih besar dari pada biasanya.

4. Bagian kulit siku
Pada bagian kulit siku memang pada dasarnya sama dengan bagian kulit dengkul yakni memiliki kontur kulit yang lentur, namun walaupun begitu jika siku kita terkena gesekan dalam waktu yang lama dan sering, maka akan menyebabkan munculnya kapalan. Jaringan parut yang terbentuk pada siku akan mempersulit gerakan kita, seperti gerakan mengambil, gerakan melempar dan masih banyak lagi.

5. Bagian kulit pan*tat
Seringnya duduk sangat tidak baik bagi kesehatan, hal tersebut memang benar sekali, salah satu masalah yang akan muncul ketika duduk terlalu lama adalah munculnya kapalan, terutama jika Anda duduk ditempat yang keras, seperti diatas batu, diatas kayu dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa bagian kulit yang sering terkena kapalan.