Cara Merawat Kulit Jahitan Pasca Operasi Bedah Caesar

Sekarang ini banyak sekali para wanita yang melakukan operasi caesar untuk melakukan persalinan si buah hati. Operasi caesar memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Karugian paling besar yang akan muncul akibat operasi caesar adalah munculnya bekas operasi, bekas operasi ini lama kelamaan akan menjadi parah jika tidak dirawat dengan baik, bahkan bisa menyebabkan munculnya penyakit keloid.
Cara Merawat Kulit Jahitan Pasca Operasi Bedah Caesar
Cara Merawat Kulit Jahitan Pasca Operasi Bedah Caesar
Oleh sebab itu, bagi Anda yang habis melakukan operasi caesar, akan sangat penting untuk melakukan perawatan operasi caesar tersebut. sebenarnya ada banyak sekali cara merawat kulit jahitan setelah operasi caesar tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Bagaimana cara merawat jahitan operasi caesar tersebut? untuk menjawabnya silahkan simak berikut ini.

Cara Merawat Kulit Jahitan Pasca Operasi Bedah Caesar

1. Merawat dengan buah lemon
Buah lemon mengandung senyawa vitamin C yang sangat tinggi, kandungan vitamin C inilah yang sangat berkhasiat untuk memacu pertumbuhan sel ataupun jaringan pada bagian kulit, terutama untuk kulit jahitan pasca operasi caesar. Oleh sebab itu buah lemon sangat efektif untuk merawat kulit jahitan pasca operasi caesar. Untuk mendapatkan manfaat buah lemon tersebut, Anda dapat membuat sebuah minuman jus segar yang berasal dari lemon. Tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengoleskan perasan lemon secara langsung pada bagian jahitan, karena hal ini menyebabkan rasa perih.

2. Selalu jaga kebersihan
Cara merawat kulit jahitan pasca operasi selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan area kulit tersebut. karena jika area kulit tersebut kotor, maka akan menimbulkan jalan masuknya kuman dan bakteri untuk berkembangbiak di kulit jahitan tersebut. sehingga dapat menyebabkan yang namanya infeksi. Anda dapat menjaga kebersihan diri sendiri dengan selalu rajin mandi ataupun membersihkan area jahitan operasi caesar tersebut apabila kotor.

3. Konsumsi banyak daging
Banyak orang yang menganggap daging sangat buruk untuk kulit bekas jahitan operasi caesar. Akan tetapi yang sebenarnya, justru dari daging inilah jahitan bekas operasi caesar tersebut bisa sembuh dengan cepat. Walaupun begitu, tidak semua daging aman untuk Anda konsumsi. Usahakan untuk mengonsumsi daging merah dan mengandung sedikit lemak. Karena jenis daging tersebut mengandung protein yang mampu mempercepat proses pengeringan jahitan bekas operasi caesar.

4. Hindari makanan manis
Cara merawat kulit jahitan pasca operasi caesar yang terakhir adalah dengan menghindari makanan yang manis. Contohnya yang banyak mengandung gula dapat memperburuk pada kulit jahitan bekas operasi caesar Anda, karena makanan manis ini dapat menyebabkan munculnya penyakit keloid. Oleh sebab itu hindari makanan manis yang banyak mengandung gula. Seperti eskrim, coklat ataupun yang lainnya agar luka jahitan bekas operasi tersebut cepat kering dan sembuh.

Itulah beberapa cara merawat kulit jahitan pasca operasi bedah caesar.