Penyakit Kulit Akibat Perawatan Kulit yang Salah

Kulit pada dasarnya merupakan perlindungan tubuh yang pertama kali, hal inilah yang menyebabkan kulit selalu mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Munculnya gangguan kesehatan kulit atau penyakit kulit disebabkan karena banyak sekali faktor. Mulai dari lingkungan hingga perawatan kulit yang salah.
Penyakit Kulit Akibat Perawatan Kulit yang Salah
Penyakit Kulit Akibat Perawatan Kulit yang Salah
Penyakit kulit yang muncul akibat salah perawatan ini jika dibiarkan dan tidak dioba*ti dalam waktu yang lama, akan menyebabkan munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya lagi. apa saja penyakit kulit yang muncul akibat perawatan yang salah itu? untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut ini.

Penyakit kulit akibat perawatan kulit yang salah

1. Penyakit panu
Panu merupakaan jenis penyakit kulit yang muncul akibat kesalahan perawatan kulit, seperti terlalu banyak menggunakan pelembab tubuh, kurangnya menjaga kebersihan kulit dan lain sebagainya. Panu ini tergolong penyakit yang banyak diderita oleh para penduduk di Indonesia. Penyebab utama munculnya panu adalah pertumbuhan jamur bakteri yang terdapat pada kulit. penyakit panu ini muncul di permukaan kulit yang terjaga kelembabannya, antara lain seperti kulit punggung, leher dan bahkan dada. Tanda awal munculnya penyakit panu adalah rasa gatal dan munculnya bercak putih, rasa gatal ini akan menjadi-jadi jika tubuh mengeluarkan banyak keringat.

2. Kudis
Penyakit kulit yang muncul akibat salah perawatan selanjutnya adalah penyakit kudis. Munculnya penyakit ini disebabkan karena seseorang kurang menjaga perawatan kulit mereka, terlebih kurangnya menjaga kebersihan kulit. keadaan kulit yang kotor menyebabkan hewan yang bernama tungau berkembangbiak di permukaan lapisan kulit tersebut. sehingga perkembangan tungau inilah yang menyebabkan area kulit menjadi muncul bintik-bintik merah seperti pori-pori tersumbat. Untuk mengatasi penyakit kudis ini biasanya dilakukan dengan menggunakan salep ataupun herbal alami.

3. Eksim
Munculnya peradangan dan iritasi pada beberapa bagian kulit merupakan gejala awal munculnya penyakit eksim. Penyebab munculnya penyakit ini sendiri bermacam-macam, mulai dari kesalahan perawatan, lingkungan, makanan hingga keturunan. Biasanya jika penyakit eksim kambuh akan menimbulkan sensasi gatal yang sangat berlebihan atau menganggu. Tidak diperkenankan bagi Anda yang mendetita penyakit eksim menggaruk pada area gatal tersebut, karena hal ini akan menyebabkan luka menjadi muncul dan penyakit eksim menjadi lebih parah lagi.

4. Jerawat
Mungkin Anda sudah tahu mengenai gangguan kesehatan yang satu ini, yup jerawat. Munculnya jerawat dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, terutama terjadi karena faktor kesalahan perawatan kecantikan. Seperti kosmetika yang tidak cocok, oba*t-oba*tan yang tidak cocok dan lain sebagainya. Biasanya untuk mengatasi masalah jerawat dilakukan dengan konsumsi oba*t jerawat ataupun perawatan kecantikan secara alami. namun jika jerawat tersebut sudah sangat parah, tindakan medis mungkin sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit satu ini.