Tips Mencegah Kulit Kepala Terkena Penyakit Borok

Borok merupakan gangguan kesehatan kulit kepala yang muncul karena kurangnya perawatan kulit kepala, seperti jarang membersihkan kulit kepala dan lain sebagainya. Sebenarnya borok bukan masalah ataupun gangguan kesehatan yang berbahaya, akan tetapi borok ini dapat menimbulkan penampilan menjadi turun dan bahkan beberapa saat bisa menyebabkan munculnya rasa gatal-gatal.
Tips Mencegah Kulit Kepala Terkena Penyakit Borok
Kulit Kepala Terkena Penyakit Borok
akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena penyakit borok ini sebenarnya bisa di cegah. Untuk mencegah penyakit borok di kulit kepala sebenarnya sangatlah mudah sekali. Berikut ini ada beberapa tips mudah mencegah kulit kepala agar tidak terkena penyakit borok yang bisa Anda lakukan.

Tips mencegah kulit kepala terkena penyakit borok

1. Rutin membersihkan bagian kulit kepala
Penyebab utama munculnya penyakit borok adalah kurangnya menjaga kebersihan bagian kulit kepala. Karena jika keadaan kulit kepala kotor, akan menyebabkan berbagai macam kuman mudah menempel dan berkembangbiak di permukaan kulit kepala tersebut. oleh sebab itu pencegahan penyakit borok yang paling efektif adalah dengan selalu rajin atau rutin membersihkan kulit kepala. Anda bisa melakukan pembersihan dengan keramas secara teratur, seperti 3 hari sekali. Namun jangan terlalu sering keramas, karena dengan Anda sering keramas kelembaban rambut menjadi hilang dan rambut menjadi kering atau kusam.

2. Gunakan shampo yang cocok dengan kulit kepala
Ketika melakukan perawatan kulit kepala sangatlah perlu yang namanya pembersihan secara rutin, seperti selalu keramas. akan tetapi saat melakukan keramas ini Anda harus menggunakan shampo yang cocok dengan jenis kulit kepala ataupun rambut, karena jika shampo yang Anda gunakan tidak cocok, maka akan menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan kulit kepala, mulai dari rambut rontok, rambut kusam dan bahkan munculnya penyakit borok di kulit kepala. Oleh sebab itu usahakan untuk menggunakan shampo yang cocok dengan jenis kulit, selain itu usahakan untuk tidak berganti-ganti shampo, karena hal tersebut sangatlah tidak baik untuk kesehatan kulit kepala Anda.

3. Konsumsi buah dan sayur secara rutin
Untuk mencegah penyakit borok dari dalam tubuh, Anda dapat memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh kulit kepala. Seperti vitamin, mineral, antioksidan dan lain sebagainya. Nutrisi-nutrisi semacam itu terdapat banyak sekali di buah dan sayur, oleh sebab itu cara mencegah penyakit borok di kulit kepala yang paling efektif adalah dengan konsumsi buah dan sayur secara rutin.

4. Hindari menggunakan spray atau gel rambut berlebihan
Cara mencegah penyakit borok di kulit kepala yang terakhir adalah dengan menghindari penggunaan spray ataupun gel secara berlebih, terutama penggunaan spray ataupun gel yang banyak mengandung senyawa alkoho*l. Karena penggunaan spray dan gel secara berlebihan ini dapat membuat penumpukan kotoran pada pori kulit kepala yang pada akhirnya menyebabkan munculnya penyakit borok.